Minggu, 08 April 2012

Constructive Cost Model

Constructive Cost Model

Model
Biaya Konstruktif (COCOMO) adalah biaya perangkat lunak algoritma estimasi model yang dikembangkan oleh Barry Boehm W.. Model ini menggunakan formula regresi dasar dengan parameter yang berasal dari data proyek historis dan karakteristik proyek ini.

COCOMO pertama kali diterbitkan pada tahun 1981 Boehm di Ekonomi buku Rekayasa Perangkat Lunak sebagai model untuk memperkirakan usaha, biaya, dan jadwal untuk proyek-proyek perangkat lunak. Hal menarik pada sebuah penelitian terhadap 63 proyek di TRW Aerospace mana Boehm adalah Direktur Riset Perangkat Lunak dan Teknologi. Studi ini meneliti proyek-proyek mulai dari ukuran 2.000 sampai 100.000 baris kode, dan bahasa pemrograman mulai dari perakitan untuk PL / I. Proyek-proyek ini didasarkan pada model air terjun pengembangan perangkat lunak yang merupakan proses perangkat lunak umum pembangunan di tahun 1981.

Referensi untuk model ini biasanya menyebutnya COCOMO 81. Pada tahun 1995 COCOMO II dikembangkan dan akhirnya diterbitkan pada tahun 2000 dalam buku Software Estimasi Biaya dengan COCOMO II.COCOMO II adalah penerus dari COCOMO 81 dan lebih cocok untuk memperkirakan proyek pengembangan perangkat lunak modern. Constructive Cost Model menyediakan lebih banyak dukungan untuk proses pengembangan perangkat lunak modern dan database proyek untuk diperbarui. Kebutuhan model baru datang sebagai perangkat lunak pengembangan teknologi berpindah dari mainframe dan batch processing dalam waktu singkat untuk pengembangan desktop, usabilitas kode dan penggunaan off-rak-komponen perangkat lunak.

Jenis-Jenis Constructive Cost Model

Basic Constructive Cost Model
Basic COCOMO menghitung usaha pengembangan perangkat lunak (dan biaya) sebagai fungsi dari ukuran program. Ukuran program dinyatakan dalam ribuan perkiraan baris kode (SLOC)

Intermediate Constructive Cost Model
Intermediate COCOMO menghitung usaha pengembangan perangkat lunak sebagai fungsi dari ukuran program dan serangkaian "pengendali biaya" yang mencakup penilaian subjektif dari produk, perangkat keras, personil dan atribut proyek. Ekstensi ini menganggap satu set empat "driver biaya", masing-masing dengan sejumlah atribut

Detailed/Advance Constructive Cost Model

COCOMO rinci menggabungkan semua karakteristik versi intermediate dengan penilaian terhadap pengaruh pengendali biaya pada setiap langkah (analisis, desain, dll) dari proses rekayasa perangkat lunak.

Model rinci menggunakan pengganda usaha yang berbeda untuk setiap atribut cost driver. Ini pengganda Tahap Sensitif upaya masing-masing untuk menentukan jumlah usaha yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap tahap.

Dalam COCOMO rinci, usaha tersebut akan dihitung sebagai fungsi dari ukuran program dan serangkaian driver biaya diberikan sesuai dengan setiap tahapan siklus hidup perangkat lunak.

Sebuah jadwal proyek Detil tidak pernah statis

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/COCOMO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar